Kecantikan-Kawah-IjenTidak hanya Gunung Bromo,  Propinsi  Jawa Timur Indonesia juga mempunyai destinasi wisata gunung yang cukup menarik untuk wisatawan lokal dan manca. Terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Gunung yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl ini bernama Gunung Ijen.

Seperti gunung gunung yang lain di Indonesia, Gunung Ijen ini  juga memiliki beberapa keunikan. Antara lain Gunung Ijen ini adalah gunung dengan kawah paling asam di dunia dengan tingkat keasaman mendekati nol sehingga bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Kawah Gunung Ijen juga terletak di kaldera yang terluas di pulau Jawa. Ukuran Kaldera yang dimiliki kawah Ijen ini sebesar 20 Km dengan ukuran kawah 960 m x 600 m dengan kedalaman 200 m. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera dengan suhu kawah yang bisa mencapai 200 derajat celcius. Gunung Ijen satu komplek gunung berapi dan telah 5 kali meletus yaitu pada tahun 1796, 1817, 1913, 1936 dan yang terakhir pada tahun 1999.

Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang, yang mengindikasikan gunung ini masih aktif dan bert berada di kawasan kawah Ijen, pengunjung bisa menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalan yang curam dan dipenuhi oleh gas beracun yang berbahaya.

Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar.

Tetapi di balik semua keunikan yang di miliki, Gunung Ijen juga memberikan pesona keindahan yang menakjubkan.  Kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok. Selain itu keindahan luar biasa pada Gunung Ijen ini bisa kita jumpai jika kita melakukan pendakian jam 02.00-03.00. Di jam jam dini hari tersebut kita bisa menyaksikan blue fire atau api abadi yang di miliki oleh Gunung Ijen.

Tertarik?, Jangan khawatir Pendakian Gunung Ijen ini relatif cepat, tidak memakan waktu banyak hanya memerlukan waktu 2-3jam untuk sampai di puncak Kawah Ijen. Jarak yang ditempuh dari pos pendakian Paltuding sampai ke kawah adalah 3 km dengan kondisi jalan menanjak hingga 25-30 derajat kemiringannya dengan jalan berupa tanah berpasir dan batu halus.  (dyh/dari berbagai sumber)

 

Related Post

Share