Danau-KelimutuFestival Danau Kelimutu merupakan acara tahunan yang sangat dinanti wisatawan. Acara penutupan festival ini pun berlangsung meriah dan dipadati wisatawan. Inilah saatnya rakyat Ende berpesta!

Acara penutupan dihadiri oleh Bupati Ende Ir Marsel Petu dan Deputi Data Pasar Pariwisata Nusantara Kemenpar, Dra Francesca Nina Soemitro. Ini menjadi pelengkap rangkaian acara Festival Danau Kelimutu 2015 yang sudah digelar sejak Senin (10/8) hingga Rabu (12/8/2015).

Dari awal penyelenggaraan, sudah banyak acara seru yang digelar di Festival Danau Kelimutu 2015. Acara tersebut diantaranya festival budaya, pertunjukan tarian adat lokal, musik, serta lagu-lagu tradisonal khas Ende.

Danau-Kelimutu

Danau Kelimutu Flores

Setiap perwakilan kecamatan di Ende pun mengirimkan wakilnya untuk menampilkan pertunjukan seni budaya khas setempat. Mulai dari Kecamatan Wawaria hingga Ende Selatan pun ada. Kegiatan festival budaya sendiri terpusat di Taman Renungan Bung Karno di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur.

Menurut pantauan detikTravel dari lokasi acara, Rabu (12/8) malam, penonton yang berasal dari berbagai macam kalangan, datang membludak. Mereka berbondong-bondong untuk menyaksikan festival yang sudah memasuki tahun kelima penyelenggaraan itu.

Penyelenggara Festival Danau Kelimutu 2015 pun terhitung sukses karena berhasil menyedot perhatian massa. Jalanan di depan Taman Renungan Bung Karno sampai macet karena banyaknya motor yang parkir.

Selain pentas seni, ada juga bazaar dari sekitar 28 stand UKM maupun SKPD Pemkot Ende dan pihak swasta yang ikut berpartisipasi. Mereka menjual aneka jajanan olahan home industri dari mulai madu hingga nugget ikan.

Danau-Kelimutu

Danau Kelimutu Flores

Ada juga yang menjual tenun ikat khas Ende dengan motif dan warna menarik. Seakan tak mau ketinggalan, tentu saja ada pameran batu akik asli dari Ende.

Meskipun sudah memasuki acara penutupan, tetapi bukan berarti rangkaian acara Festival Danau Kelimutu telah benar-benar usai. Masih ada acara puncak berupa ‘Acara Kasih Makan Roh’ yang masih akan dilangsungkan besok Jumat (14/8) di area kawah Danau Kelimutu.

Acara ‘Kasih Makan Roh’ bisa dibilang adalah acara inti Festival Danau Kelimutu 2015. Acara semacam larung sesaji ke kawah Danau Kelimutu inilah yang dinanti-nanti dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Tak sabar rasanya, menunggu puncak acara tiba.

Share